sayagusti - msvcr120.dll is missing

Solusi dan Penyebab “msvcr120.dll is missing” pada Windows

Suatu hari sesuatu terjadi saat lagi pake Laragon dan mau menjalankan mysqld, malah muncul peringatan msvcr120.dll is missing. Padahal saya install Laragon dari file .exe, bukan sekedar ekstrak dari file .zip. Mestinya file .dll semua sudah masuk ke sistem ya. Wah jadi panik nih ! Tapi akhirnya bisa diatas. Simak caranya disini.

Menurut informasi dari berbagai forum, ini terjadi karena ada masalah saat instalasi MySQL Workbench (salah satu client untuk MySQL). Tapi menurut saya bukan ini penyebabnya, karena saya sudah pasang MySQL Workbench sejak dahulu kala dan gak pernah bermasalah…eh pernah sih, tapi bukan masalah “msvcr120.dll missing”.

sayagusti - mscvr120.dll is missing
Gambar 1. mysqld.exe error

Balik ke topik ya. Masalah “msvcr120.dll is missing” ini baru ada setelah beberapa bulan saya pakai Laragon. Aneh juga kan ? Kenapa gak muncul dari awal kalau memang ini masalah pemasangan ? Oke kita pikirkan nanti aja penyebabnya, sekarang kita bahas solusinya aja dulu.

1) Periksa apakah sistem operasi yang kamu pakai 32bit atau 64 bit ? Kalau belum tau caranya, cek artikel ini

2) Setelah memastikan sistem operasinya, buka situs https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=40784

sayagusti - msvcr120.dll is missing
Gambar 2. Unduh Redistributable Package apalah itu

3) Unduh x86 untuk sistem operasi 32bit atau pilih x64 untuk sistem operasi 64bit

sayagusti - msvcr120.dll is missing
Gambar 3. Pilih file yang cocok

Besarnya file yang akan diunduh bisa dilihat di sebelah kanan. Unduh sesuai spesifikasi komputermu ya. Sistem operasi yang saya pakai 64 bit, kalau pakai yang x86 nanti gak cocok.

sayagusti - msvcr120.dll is missing
Gambar 4. File yang sudah diunduh

4) Setelah unduhan selesai, lanjut ke proses pemasangan. Klik ‘Run’ kalau muncul security warning –> baca license agreement, klik “I agree…” –> klik “Install” –> klik “Ok” kalau muncul warning lagi kemudian restart laragon

sayagusti - msvcr120.dll is missing
Gambar 5. Mulai pemasangan/install

5) Enggak perlu restart komputer kok. Coba jalankan lagi laragon lalu jalankan MySQL server. Gimana? Udah bisa kan ?

sayagusti - msvcr120.dll is missing
Gambar 6. Star MySQL

6) Sebenernya ada dimana sih msvcr120.dll itu? Lokasinya ada di C:\Windows\System32, cara aksesnya lihat gambar dibawah. File ini bakal nongol di System32 kalau langkah 2-4 sudah selesai dilakukan ya.

sayagusti - msvcr120.dll is missing
Gambar 7. Direktori mscvr120.dll

Nah sekarang masalah “msvcr120.dll is missing” sudah beres, tapi kira-kira apa ya penyebab munculnya masalah ini ? Karena selama ini kan saya pakai MySQL dari Laragon juga gak ada masalah. Kalau menurut saya sih sebabnya msvcr120.dll is missing karena saya pernah uninstall Microsoft Visual Studio . Barangkali msvcr120.dll salah satu file yang ikut dibuang pada saat proses ini.

Gimana? Bisa diikuti tutorialnya ? Kalau kamu lihat lagi Gambar (1) diatas, ada kutipan yang keren banget: “Believe and act as if it were impossible to fail”, tetap belajar terus ya. Oke, sekian tutorial kali ini.

Begitulah caranya untuk hehehe. Semoga bermanfaat.

 

 

Waaw... keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *