sayagusti - atom

Penyebab dan Solusi Error: Stray ‘\320’ dan Stray ‘\240’

Di suatu malam yang dingin dan biasa aja, saya sedang bekerja seperti biasanya. Waktu itu saya mau meng-compile suatu file .cpp biasa dari laptop yang biasa saya pakai, tapi sesuatu yang diluar kebiasaan terjadi.

Saya dapet peringatan error: stray ‘\320’ dan stray ‘\240’, Hmm apa maksudnya ?

Sistem operasi laptop saya Windows 7 tapi saya mengerjakan dari Virtual Box yang menjalankan Ubuntu.

Setelah keluar-masuk berbagai forum, ternyata penyebabnya error: stray ‘\320’ dan stray ‘\240’ karena perbedaan encoding yang digunakan. Jadi ternyata ada beberapa teks editor yang basisnya HEX dan lainnya yang basisnya ASCII. Nah ternyata cara keduanya memperlakukan spacing berbeda. Kira-kira begitulah penjelasan singkat tentang penyebabnya. Saya disini mau fokus ke solusinya aja, jadi segitu aja penjelasan penyebabnya. Bisa aja alesannya…

Ada banyak error: stray ‘\320’ dan error: stray ‘\240’ yang saya dapat waktu meng-compile, tapi semua pangkal masalahnya sama yaitu spasi. Dari sekian banyak error itu, salah satunya bisa dilihat pada gambar:

sayagusti - error
Gambar 1. contoh error

Solusi yang populer adalah dengan mengetik ulang kode pada file itu dari awal. Cara ini kurang efektif kalau saya terapkan. Karena udah tau penyebabnya, jadi saya ulangi aja langkah-langkah yang tadi saya lakukan. Tapi sebelumnya, saya ceritain dulu gimana saya bisa dapet error ini. Kalau gak mau tau, langsung skip aja paragraf yang selanjutnya hehehe…

Saya ngerjakan kode ini awalnya di perangkat lain, trus saya copy ke Google Docs.
Setelah ganti pake laptop saya, dari docs tadi saya copy lagi ke Microsoft Word trus saya copy dalam format .odt.
Saya pindah ke sistem operasi Linux dari Virtual Box trus buka file .odt yang tadi, trus copy isinya ke Atom (teks editor).
Habis itu simpan dalam format .cpp lalu di-copy , eh malah muncul error: stray ‘\320’ dan error: stray ‘\240’.

Oke, setelah itu yang saya lakukan adalah copy lagi dari Google Docs, tapi kali ini di-copy ke Atom lalu disimpan dalam format .cpp.
Setelah itu saya pindah ke Ubuntu di Virtual Box lalu copy file .cpp tadi ke folder yang diinginkan. Ketika dicoba copy lagi, ternyata bisa.

Ada cara lain ?
Setelah saya amati, semua error berada pada awal baris dimana ada jarak/spasi agar kode terlihat lebih rapi. Buka teks editor, kemudian hapus spasinya lalu ganti dengan tab (tekan tombol tab). Cara ini juga berhasil menyelesaikan masalah saya. Semoga bermanfaat.

Kalau ada yang punya fakta maupun pendapat lain tentang error: stray ‘\320’ dan error: stray ‘\240’, silahkan komen ya…

 

 

Waaw... keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *