sayagusti - logo inkscape

Mengatur Ukuran Dokumen pada Inkscape

Diantara temen-temen yang mampir kesini pasti ada yang senang sama desain grafis. Udah pada tau Photoshop, Corel Draw, dan lainnya kan ? Kalau Inkscape tau juga kan ?

Sayangnya, belum banyak buku yang membahas Inkscape. Padahal ini adalah salah satu aplikasi yang gratis lho ! Kali ini saya mau berbagi sedikit tentang cara mengatur ukuran dokumen di Inkscape.

Maaf kalau judulnya agak membingungkan, saya juga agak bingung mengungkapkannya gimana hehehe…

Maksudnya dari judulnya itu ketika ada background yang perlu di-resize biar sesuai sama ukuran dokumen/kertasnya atau mengubah ukuran dokumen biar sesuai sama gambar yang lagi dikerjakan.

Bagi yang belum familiar sama Inkscape atau yang jadi bingung setelah baca penjelasan saya barusan, semoga artikel ini bisa membantu.

1) Buat dokumen baru : File –> New (ctrl + N) atau buka gambar yang ingin dioprek (ctrl + O)

2) Untuk mengatur ukuran : File –> Document Properties… atau (ctrl + shift + D)

sayagusti - inkscape document properties
Gambar 1. Document properties

(klik gambar untuk memperbesar)

Silahkan diatur ukurannya. Perhatikan unitnya juga, apakah dalam pixel (px), sentimeter (cm), dll.

Kalau mau ukuran¬†dokumen¬†mengikuti ukuran gambar, klik tanda panah disamping tulisan “Resize page to content…” sehingga menu dibawah ini muncul. (klik gambar untuk memperbesar)

sayagusti - resize to content
Gambar 2. Resize page to content

Klik tombol¬†“Resize page to drawing or selection”. Setelah itu ukuran dokumen bakal otomatis menyesuaikan gambar. Tanpa mikir dan tanpa melek pun dokumen langsung menyesuaikan sesuai gambar yang dipilih hehehe…

Nah kalau di inkscape versi 0.4x, gambar 3 di bawah ini menunjukkan kalau tombol “Fit page to selection” menggantikan fungsi tombol “Resize page to drawing or selection”

sayagusti - fit page to selection
Gambar 3. Fit page to selection

Tambahan. Langkah ini dilakukan bila kita ingin ukuran dokumen mengikuti ukuran beberapa gambar yang kita pilih aja.

3) Pilih satu atau beberapa gambar yang ingin diatur menjadi ukuran dokumen yang diinginkan. Pada contoh di bawah ini saya memilih beberapa gambar dari suatu template, kemudian saya buat agar ukuran dokumen mengikuti beberapa gambar yang dipilih tersebut dengan cara klik tombol “Fit page to selection” .

sayagusti - inkscape
Gambar 4. Pilih beberapa gambar

Template yang saya gunakan di gambar 4 di atas saya unduh dari clipartsfree.net
Selanjutnya ukuran dokumen akan menyesuaikan dengan gambar yang dipilih. Kalau di-export, nantinya ukuran gambar .png mengikuti ukuran dokumen yang dibuat tadi.

Mengatur ukuran dokumen berguna ketika kita ingin membuat ukuran dokumen menjadi sesuai sama gambar tertentu sebelum di-export. Selain itu juga misalnya kalau kita kehabisan kertas F4 tapi adanya A4, kita bisa atur ukuran dokumen biar gambarnya muat waktu dicetak hehehe…

Semoga bermanfaat ya !

 

 

Waaw... keren sekali !

One thought on “Mengatur Ukuran Dokumen pada Inkscape”

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *