sayagusti - Virtual Box

Koneksi Guest Virtual Linux ke Host Windows

Kali ini saya mau coba menghubungkan antara Linux Ubuntu di Virtual Box sebagai guest dengan Windows yang ada pada komputer/laptop sebagai host.

Gimana ya caranya ? Emangnya buat apa sih bikin koneksi antara guest dengan host ?

Belum paham sama penjelasan diatas? Jadi, artikel ini membahas cara menghubungkan Linux dengan Windows pada komputer yang sama. Nah, dengan Virtual Box, kita bisa menjalankan lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer.

Memangnya buat apa koneksi Linux dari mesin virtual ke sistem operasi utama ? Ya tergantung keperluan, misalnya ada kerjaan yang digarap di sistem operasi utama tapi butuh juga dijalankan di virtual, atau keperluan lainnya.

Pada artikel ini, saya pake Ubuntu versi 16.04 sebagai guest dan Windows 7 sebagai host, enggak ngaruh 32-bit atau 64-bit. Oke, langsung aja ya.

1) Jalankan Virtual Box –> klik menu Settings.
Setelah itu akan muncul jendela baru. Pilih menu Network –> centang pilihan Enable Network Adapter dari tab Adapter 1 –> klik pada dropdown lalu pilih NAT

sayagusti - virtualbox
Gambar 1. Pilih NAT pada pengaturan Network

Tidak perlu mengatur apapun seperti port forwarding dan lainnya, langsung aja klik OK lalu jalankan mesin virtual dengan sistem operasi yang diinginkan.
Secara default, sistem memilih Attached to: Host-only Adapter. Pengaturan ini tetap bisa dilakukan bahkan ketika mesin virtual sedang dijalankan. Kalau setelah klik tombol OK masih belum ada perubahan, restart mesin virtualnya.

2) Dari Linux yang ada di mesin virtual, klik ikon Files (tanda panah nomor 1 di gambar) –> klik Connect to Server. Ketik alamat server dengan format smb://10.0.2.2/

sayagusti - virtualbox
Gambar 2. Pengaturan server

Kemudian klik tombol Connect. Info lebih lanjut tentang alamat 10.0.2.2 ada di langkah berikutnya

3) Biasanya bakal muncul jendela baru lagi buat verifikasi. Ketik user & password dari sistem operasi yang dipakai di mesin virtual –> klik Connect. Sebelum itu, kalau mau pilih forget password immediately juga gak papa. Ini masalah selera aja.

sayagusti - virtualbox
Gambar 3. Isi password akun

Isi username & password punya sistem operasi di komputer virtual ya. Ingat, ini beda sama Windows. Kalau mau akses perangkat lain yang sistem operasinya sesame Windows, yang dimasukin user & password perangkat tujuan.

4) Setelah itu bakal muncul beberapa folder yang dibagikan dari host. Secara default, sistem operasi Windows cuma membagikan folder Users.

sayagusti - virtualbox
Gambar 4. Folder yang dibagikan

Dari gambar di atas, bisa dilihat kalau saya juga membagikan folder yang namanya Journals dan Shared. Folder C$ dan G$ itu nama dari partisi di laptop saya.

5) Masuk ke salah satu folder yang dibagikan.

sayagusti - virtualbox
Gambar 5. Sampel folder

Pada gambar diatas, ada folder yang namanya “Shared”. Folder itu lagi saya buka di host dan guest (komputer virtual Linux). Isinya sama

6) Secara default, beginilah pengaturan NAT. Guest (komputer virtual Linux) mendapat alamat IP 10.0.2.15

sayagusti - virtualbox
Gambar 6. Periksa gateway

Dari mana saya tau kalau alamat host ada di 10.0.2.2 ? Nah, itu ada di IP routing table di kolom Gateway. Host memiliki alamat 10.0.2.2 hanya dengan pengaturan NAT. Kalau pake Bridged, alamat IP host sesuai sama alamat IP-nya.

Tapi kalau lagi gak nyambung ke internet kan gak dapet alamat IP…

Iya bener. Makanya pake NAT aja buat pengaturan network-nya.

7)  Ayo kita coba saling ping antara host dan guest. Kalau dari guest melakukan ping ke host, ketik perintah ping 10.0.2.2, kalau dari host ke guest ?

sayagusti - virtualbox
Gambar 7. Tes ping

Kok di gambar alamat IP-nya guest 192.168.56.101 ? Cara taunya ada di langkah selanjutnya

8) Buka command prompt lalu ketik ipconfig /all –> cari bagian Ethernet adapter VirtualBox Host-Only Network

sayagusti - virtualbox
Gambar 8. Alamat IP

Alamat IP kita mungkin beda, tapi intinya sih gitulah caranya cek alamat IP milik guest dari host.

Setelah ini, antara host dan guest bisa saling berbagi file atau melakukan keperluan lainnya.
Begitulah caranya melakukan koneksi guest virtual Linux ke host Windows hehehe. Semoga bermanfaat.

 

 

Waaw... keren sekali !

One thought on “Koneksi Guest Virtual Linux ke Host Windows”

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *