Anaphalis javanica

Bunga Langka Asli Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu, Keren Banget!

Indonesia bukan hanya kaya akan suku bangsa serta budayanya, karena berada di jalur khatulistiwa dengan banyaknya pulau-pulau yang ada menjadikan wilayah Indonesia juga kaya akan flora dan fauna. Tidak heran rasanya banyak sekali tumbuhan ataupun hewan langka yang hanya bisa ditemukan di kawasan ini, ada banyak wisatawan yang melakukan booking pesawat ke beberapa wilayah Indonesia hanya untuk melihat berbagai hal langka tersebut.

Ada banyak jenis tumbuhan yang tumbuh di Indonesia, termasuk tumbuhan yang masuk kategori bunga yang jenisnya sangat beragam. Selain dari bunga biasa yang bisa ditemukan di seluruh pelosok Indonesia, ternyata ada beberapa bunga langka yang hanya bisa ditemukan di wilayah Indonesia dan saat ini terancam punah seperti:

● Bunga yang sempat booming keberadaannya, Bunga Bangkai

Bunga Bangkai...hmmm...sedaaap...
Sumber gambar: digitaljournal.com

Bunga unik yang sempat booming di berbagai media online ini memang patut untuk dibanggakan, bunga yang mengeluarkan aroma busuk seperti bau bangkai ini bisa tumbuh hingga 4 meter tingginya. Bau busuk yang dikeluarkan bunga ini bertujuan untuk mengundang lalat dan kumbang untuk membantu proses penyerbukan bunga. Bunga bangkai hanya bisa mekar selama 7 hari, kemudian dia akan mati dan tumbuh kembali. Rentang waktu untuk bisa menikmati bunga ini tumbuh dan berbunga kembali juga cukup lama, yakni sekitar 5 tahun sekali.
Habitat asli dari bunga bangkai sebenarnya berada di hutan Sumatera, namun saat ini bunga langka dengan ukuran raksasa ini sudah mulai dilestarikan di beberapa wilayah. Jika ingin menikmati keindahan bunga langka yang ditemukan di wilayah Indonesia ini, segera pesan tiket di Reservasi.com menuju Sumatera atau Bandung dan berkunjunglah ke Taman Hutan Raya Ir. Juanda Bandung.

● Meski sama mengeluarkan bau busuk tapi beda nama, Rafflesia Arnoldi

eksotis banget ya...
Sumber gambar: pastiguna.com

Jangan lupa juga untuk segera booking pesawat untuk bisa menikmati keindahan bunga Rafflesia Arnoldi, meski sama-sama mengeluarkan bau busuk menyengat namun tumbuhan yang satu ini berbeda dengan bunga bangkai. Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang tumbuh melebar sampai dengan 1 meter diameternya dan 10kg beratnya, masa tumbuhnya sekitar 9 bulan dan hanya mekar selama 7 hari saja sebelum layu dan mati. Cara hidup bunga Rafflesia Arnoldi terbilang cukup unik, karena ia menopang pada tumbuhan inang (parasit).
Bunga langka asli Indonesia yang tumbuh di kawasan hutan Jawa Barat ini mulai terancam punah, sebab habitat aslinya yang semakin sempit karena banyak kawasan hutan yang fungsinya mulai dialihkan untuk berbagai sector seperti pertanian, pertambangan, ataupun untuk pemukiman warga.

● Bunga dengan warna yang indah, Anggrek Tebu

bunga ini terancam punah lho :(
Sumber gambar: gedubar.com

Anggrek memang menjadi salah satu jenis bunga mewah dan banyak dicari karena keindahannya, ada banyak jenis bunga anggrek di dunia ini termasuk di dalamnya beberapa jenis bunga anggrek langka yang hanya ada di Indonesia salah satunya yakni Anggrek Tebu. Anggrek Tebu masuk kategori anggrek dengan ukuran yang paling besar dan juga paling berat, bahkan satu rumpun Anggrek Tebu beratnya bisa 1 ton lebih dengan panjangnya mulai 3 meter. Karena ukurannya inilah menjadikan bunga Anggrek Tebu sebagai bunga raksasa.
Bunga dengan warna kuning dan ada kombinasi bintik berwarba coklat, merah, dan merah kehitaman ini memang sangat cantik, selain itu bunga anggrek ini juga sangat unik karena meski dahan bunga dipotong namun bunga ini masih mampu bertahan sampai 2 bulan lamanya. Selain dari Anggrek Tebu, masih banyak jenis bunga anggrek lainnya yang tergolong ke dalam bunga langka yang kini keberadaaannya sendiri terancam punah seperti Anggrek Hitam, Anggrek Hartinah, dan Anggrek Pensil.

● Bunga lambang cinta abadi, Edelweis Jawa

bunga ini bagus ya...
Sumber gambar: wikimedia.org

Ayo segera pesan tiket di Reservasi.com untuk bisa menikmati keindahan bunga Edelwies Jawa sebelum populasinya benar-benar tergerus habis, hanya dinikmati dan bukan dipetik. Bunga yang menjadi lambing cinta abadi ini memang dulu bisa ditemukan dengan mudah di daerah pegunungan Jawa, terutama di kawasan pegunungan.
Bunga Edelwies akan selalu terlihat segar meski sudah dipetik dari tangkainya, hal inilah yang menjadikan banyak pendaki ingin memetiknya untuk dijadikan kenang-kenangan saat turun dan hal inilah yang menurunkan populasi bunga Edelwies. Usia bunga yang satu ini juga terbilang panjang, bisa sampai 100 tahun dengan tinggi batang bunga sampai 8 meter.

Ada banyak tumbuhan lainnya di Indonesia yang terbilang langka dan terancam punah, namun akan dibahas di artikel yang lain. Untuk dapat menikmati keindahan berbagai jenis bunga langka di atas tentunya bukanlah hal yang mudah, karena setiap bunga yang telah disebutkan di atas hanya tumbuh di beberapa wilayah di Indonesia saja. Segera booking pesawat menuju lokasi atau habitat asli berbagai bunga langka tersebut, selain dapat menikmati hal lainnya di kota-kota tersebut.

 

 

Waaw... keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *