3 geany

‘Task Manager’ Linux

Pernah mengalami crash ketika sedang menjalankan suatu aplikasi ? Pada sistem operasi Windows, biasanya muncul peringatan semacam “program blablabla is not responding” lalu program tersebut tampilannya menjadi putih dan muncul tulisan (Not Responding) di pojok kiri atas.

Pada sistem operasi Windows (versi apapun), cukup memanggil ‘task manager’ –> klik kanan pada proses yang ingin dihentikan –> pilih ‘End process’. Selain itu juga bisa dilihat proses apa saja yang sedang berjalan, performa prosesor, pengunaan memori, dan sebagainya. Namun bagaimana dengan sistem operasi Linux ? Apakah Linux juga dilengkapi semacam ‘Task Manager’ seperti pada Windows atau perlu install aplikasi tambahan ? Ternyata perintah untuk memanggil semacam ‘Task manager’ juga ada pada Linux, bahkan perintahnya hanya satu kata saja.

Task manager pada sistem operasi Windows dapat dipanggil dengan cara menekan tombol ctrl + alt + del pada keyboard secara bersamaan lalu klik ‘task manager’ dari beberapa menu yang tersedia. Cara lainnya untuk memanggil task manager adalah dengan cara menekan ctrl + shift + esc

Pada sistem operasi Linux, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1) Buka terminal lalu ketik ‘top’ [tanpa tanda petik]

sayagusti - top
Gambar 1. Perintah top

Setelah menekan tombol enter, tampilan seperti pada gambar 1 di atas akan muncul. Disitu dapat dilihat program apa saja yang sedang berjalan di background, program apa saja yang sedang aktif, berapa banyak pemakaian CPU, RAM yang digunakan, user-nya siapa, dan sebagainya.

2) Tekan tombol ‘k’ pada keyboard untuk memunculkan peringatan ‘PID to signal/kill’ (lihat gambar 2 di bawah) lalu pilih PID dari program yang ingin dihentikan. Di samping peringatan tersebut ada ‘default PID = …‘ yang berisi PID dari program yang menggunakan memori paling besar. Cari program yang ingin dihentikan dari daftar tersebut.

sayagusti - top
Gambar 2. Tekan tombol ‘k’

3) Ketik PID dari program yang ingin dihentikan. Pada gambar 3 di bawah yang ingin saya hentikan adalah Geany dengan PID = 2832. Tekan enter.

sayagusti - top
Gambar 3. Pilih PID yang ingin dihentikan

Tekan enter lagi untuk menutup program tersebut.
Untuk keluar dari ‘task manager’ tekan ctrl + c.

Secara umum, informasi yang ditampilkan oleh top tidak jauh berbeda dengan task manager, namun secara visual task manager lebih unggul karena dapat menampilkan berbagai hal dalam bentuk grafik.

 

 

Waaw… Keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *