7 gus

Menyelamatkan Kontak Telepon Genggam Ke Google

Sehebat apapun perkembangan ponsel, satu menu yang pasti tetap ada adalah daftar kontak. Salah satu keunggulan ponsel dengan sistem operasi Android adalah dapat mengintegrasikan data dari ponsel ke Google. Sayangnya, tidak semua ponsel Android mendukung fitur ini. Agar daftar kontak tetap aman ketika terjadi masalah atau tidak ingin memasukkan kontak satu per satu lagi ketika membeli ponsel baru, maka cara yang satu ini cukup mudah dan cepat dilakukan. Cara yang akan dibahas ini juga dapat dilakukan untuk semua jenis ponsel, tidak terbatas hanya pada ponsel pintar.

1) Impor kontak di ponsel dari menu. Gambar 1 di bawah ini adalah tampilan dari ponsel Android –> pilih “Export to SD card“.

Gambar 1. Ekspor kontak

Pengguna ponsel lain silahkan menyesuaikan. Kontak biasanya akan tersimpan dalam format .vcf atau .csv. Bagi yang tidak mengunakan ponsel pintar, saya sarankan untuk mengirim file ini ke komputer menggunakan bluetooth atau kabel karena langkah-langkah setelah ini dilakukan dari akun Google.

2) Masuk ke gmail–> klik tulisan “Gmail” (ada tanda panah di sampingnya) –> klik “Contacs”. Lihat gambar 2 agar lebih jelas

Gambar 2. Pilih Contacs

3) Dari menu yang ada di sebelah kiri, klik Lingkaran / Circle (ada tanda panah di sampingnya) untuk membuka menu lainnya. Kemudian pilih Impor / Import. 

Gambar 3. Pilih Impor

Gambar 3 adalah tampilan dari komputer, kalau dibuka dari ponsel mungkin tampilannya agak berbeda

4) Setelah langkah ke-3 dilakukan, maka akan muncul notifikasi. Pilih “Buka kontak lama”

Gambar 4. Buka kontak lama

5) Setelah itu Google akan mengarahkan ke halaman lain. Klik menu “Lainnya” –> pilih “Impor…”. Bagi yang menggunakan bahasa lain, silahkan menyesuaikan.

Gambar 5. Impor lagi

6) Sebuah notifikasi akan muncul. Klik “Choose File” –> pilih direktori tempat file kontak disimpan –> klik “Open” –> klik “Impor” untuk menyimpan ke dalam akun Google

Gambar 6. Pilih file kontak

7) Selamat ! Kontak telah berhasil disimpan di Google.

Saya melakukan cara ini karena entah kenapa kontak di ponsel saya tidak tersimpan di Google meskipun sync sudah diaktifkan. Akibatnya, ketika saya reset ponsel, semua kontak hilang. Parah gak tuh?!

Selain mudah dilakukan, cara ini juga dapat menjadi solusi ketika kita memiliki beberapa ponsel dengan merek yang berbeda-beda tapi malas memindahkan kontak satu per satu. Biasanya ketika membeli atau me-reset ponsel Android, akan ada pilihan untuk mengimpor kontak yang disimpan di akun Google.

Untuk ponsel dengan sistem operasi selain Android, silahkan baca artikel ini untuk mengekspor kontak dari akun Google. Kalau ponsel yang anda gunakan tidak memiliki fitur bluetooth dan tidak bisa terhubung ke komputer dengan kabel…mohon maaf ya, mungkin solusi yang anda cari ada di tempat lain.

 

 

Waaw… Keren sekali !

One thought on “Menyelamatkan Kontak Telepon Genggam Ke Google”

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *