Mengembalikan Address Bar Firefox yang Hilang

Sejak kemarin malam, saya duduk di depan laptop sambil membaca beberapa topik yang sedang saya pelajari. Pindah dari satu situs ke situs lain, dari satu kata kunci ke lainnya, dari satu artikel ke artikel lainnya. Semua berjalan biasa saja sampai akhirnya tadi pagi tiba-tiba ketika saya klik di sekitar salah satu tab, address bar-nya hilang !

Praktis, tidak ada tempat mengetik kata kunci untuk melanjutkan belajar. Bahkan tombol backspace pada keyboard tidak bisa digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya, tombol ‘back’ di samping address bar juga ikut hilang.
(Saya tidak tahu apa ada kaitannya antara menu yang hilang dengan tombol shortcut yang menjadi tidak berfungsi. Tapi kenyataannya begitulah yang saya alami.)
Dengan sedikit akal-akalan, saya tetap bisa menggunakan mesin pencari dengan cara membuka riwayat penjelajahan (history), namun tetap saja tidak nyaman karena saya tidak bisa kembali lagi ke halaman mesin pencari setelah salah satu artikel diakses.

Saya menggunakan browser Firefox dan sistem operasi Ubuntu 14.04. Berdasarkan informasi dari mesin pencari (yang dapat saya akses dengan cara yang dijelaskan sebelumnya), ternyata masalah ini tidak hanya terjadi pada sistem operasi Ubuntu saja. Ternyata ini memang bug dari Firefox yang sudah lama ada dan terjadi pada (bisa dibilang) semua sistem operasi.

firefox 1
Gambar 1. Address bar hilang

Ternyata, solusinya mudah saja tanpa perlu restart komputer. Cukup klik kanan pada tab atau tanda ‘+’ (ikon untuk menambah tab baru), setelah itu pilih “Navigation Toolbar”. Jreeeng !!! Address bar muncul lagi.

firefox 2
Gambar 2. Pilih navigation toolbar

Semoga bermanfaat.

 

 

Waaw… Keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *