1

Membuat Event Kupu-Kupu Terbang di RPGMaker

Pernah melihat kupu-kupu terbang bebas di taman ? Kalau diterapkan dalam game kayaknya seru tuh. Gimana caranya biar si kupu bisa terbang tanpa nabrak pemain ? Pada kesempatan kali ini akan dibahas cara membuat event kupu-kupu di RPGMaker. Meskipun peran kupu-kupu di game yang dibuat cuma figuran, tapi ada tipsnya biar tampak natural. Kalau figurannya dibuat asal-asalan, nanti pemain malah kurang fokus sama jalan cerita game-nya.

Sebelum kita terlalu jauh, tutorial ini dibuat menggunakan RPGMaker VXAce. Bagi yang menggunakan RPGMaker versi lain harap menyesuaikan ya. Gambar dibawah ini adalah contoh penerapan event kupu-kupu.

sayagusti - RPGMaker
Gambar 1. Contoh event kupu-kupu

Terus…apa lagi ya ? Yaudah, langsung simak aja tutorialnya:

1) Buat event baru pada map yang diinginkan. Lebih cocok kalau menggunakan map dengan tema hutan atau pemandangan alam lainnya

2) Klik pada kolom “Graphics” (bagian yang diberi tanda merah) untuk memilih asset kupu-kupu

sayagusti - RPGMaker
Gambar 2. Memilih gambar

3) Pada panel di sebelah kiri, pilih “Animal” –> Panel sebelah kanan akan menampilkan pilihan asset hewan apa saja yang dimiliki RPGMaker –> Pilih kupu-kupu. Posisi kupu-kupu yang dipilih bebas, tapi lebih baik disesuaikan dengan bagaimana eventer ingin menampilkan kupu-kupu tersebut saat map mulai di-load

sayagusti - RPGMaker
Gambar 3. Memilih kupu-kupu

4) Isi pengaturan lainnya sesuai gambar berikut.

sayagusti - RPGMaker
Gambar 4. Konfigurasi event

Speed dapat disesuaikan, tapi menurut saya lebih baik kupu-kupu tidak pindah terlalu cepat dari satu tempat ke tempat lain. Freq harus diatur “highest” agar terlihat natural, kalau enggak nanti kupu-kupunya bakal terkesan mikir dulu sebelum terbang. Aneh pokoknya. Priority sebaiknya “below characters” biar si kupu-kupu gak terkesan nabrak kalau papasan sama pemain. Pada checkbox Options, pilih “walking animation” biar kupu-kupu tetap gerak meskipun ada event lain yang lagi dieksekusi. Pilihan “through” juga sebaiknya dicentang biar terkesan lebih alami, tapi disesuaikan kebutuhan juga. Ini dilakukan biar kupu-kupunya tetep gerak meskipun di depannya ada bangunan, pohon, atau halangan lainnya.

Silahkan tambahkan beberapa kupu-kupu lagi sesuai kebutuhan.

 

 

Waaw… Keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *