tanpa snip

Lyricstraining: Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu Kesukaanmu

Ada yang bilang salah satu cara belajar bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris. Selain menambah kosakata melalui liriknya, telinga kita juga bisa sekalian dilatih dan dimanjakan dengan mendengarkan kata-kata berbahasa Inggris ditambah alunan nada yang seru sesuai selera.

Kini sudah ada situs web yang menyediakan fitur karaoke sambil melengkapi lirik. Pengguna dapat memilih video lagu yang ingin dimainkan kemudian mengisi kata yang hilang dari lirik lagu tersebut.  Tingkat kesulitannya juga dapat dipilih sesuai keinginan. Selamat melatih kemampuan listening !

Dahulu guru bahasa Inggris saya pernah memberi soal latihan melengkapi lirik lagu dengan beberapa kata yang hilang. Beliau memutarkan sebuah lagu kemudian para murid mengisi kata-kata yang hilang dari lirik tersebut. Halah ngapain ya malah nostalgia hahaha…

Nama situs tersebut adalah lyricstraining.com dan untuk bermain harus mendaftarkan akun terlebih dahulu.

sayagusti - lyricstraining.com
Gambar 1. Tampilan Home lyricstraining.com

Pengguna dapat memilih kategori berdasarkan genre dari menu dibagian atas

sayagusti - lyricstraining.com
Gambar 2. Pilihan genre lagu

Pengguna juga dapat memilih lagu yang diinginkan melalui kolom pencarian yang tersedia dibagian atas

sayagusti - lyricstraining.com
Gambar 3. Pencarian lagu

Oh iya, pengguna juga dapat memilih lagu selain bahasa Inggris. Untuk melihat pilihan bahasa yang dapat dipilih, klik menu ‘Language‘ di sebelah kiri profil pengguna.

sayagusti - lyricstraining.com
Gambar 4. Pilih lagu berdasarkan bahasa

Setelah memilih lagu, pengguna akan diberi pilihan game mode. Terdapat empat mode yang dapat dipilih. Apa aja mode-nya ? Tuh liat aja gambar di bawah. Masing-masing lagu memiliki standar yang berbeda untuk setiap mode-nya.

sayagusti - lyricstraining.com
Gambar 5. Pilihan mode

Pada gambar di atas, terdapat 24 kata yang hilang pada mode Beginner, 61 kata yang hilang pada mode Intermediate, dan seterusnya untuk lagu ‘The Diary of Jane’ dari Breaking Benjamin. Kata yang hilang pada lagu yang lain memiliki jumlah kata yang berbeda untuk tiap mode-nya.

Dibagian kiri bawah, ada tulisan ‘New Excercise’ yang hanya muncul bila kita mendaftar sebagai guru bahasa Inggris. Sistem akan menanyakan ini saat pertama kali login.

Setelah bermain, eh latihan, pengguna akan menerima laporan seperti gambar di bawah ini. Berdasarkan gambar di bawah ini, progress 100% berarti semua lirik yang hilang dapat diselesaikan meskipun ada salah ketik pada beberapa kata.

sayagusti - lyricstraining.com
Gambar 6. Skor akhir

Jika pengguna ingin mengulangi lagi mainnya – eh latihan…salah lagi –  untuk meningkatkan skor, sistem akan mengacak beberapa kata yang hilang untuk mengantisipasi pengguna yang menghafalkan jawaban. Pengguna juga akan mendapat poin dan masuk leader-board bila skor yang diperoleh cukup tinggi dibandingkan pengguna lain dari seluruh dunia.

Akhir kata, situs ini tujuannya bagus untuk berlatih listening dengan lagu. Tapi efektif atau tidaknya tergantung penggunanya. Buat apa memutar lagu yang kita sendiri sudah hafal ? Skor yang tinggi tidak menjamin bahwa pengguna tersebut benar-benar berlatih listening dengan baik, bisa jadi karena sudah sebelumnya hafal.

Keinginan pengguna untuk jujur pada dirinya sendiri harus lebih besar dari pada keinginan untuk meraih skor tinggi. Yuk latihan nambah vocabulary juga disini.

 

 

Waaw… Keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *