Komentar Situs Try Out UN Kemdikbud

Sore ini ketika saya sedang menunggu upgrade sistem operasi di laptop selesai, tiba-tiba saya ingat kalau tanggal 13 April sudah ujian nasional SMA. Saya dapat info kalau Kemdikbud menyediakan fasilitas latihan online untuk siswa SMP dan SMA. Akhirnya, saya coba berkunjung untuk mengisi waktu luang.

Beginilah tampilan awal dari situs try out tersebut:
Kalau mau mencoba, silahkan klik tautan “Belum Registrasi ?”

5 un
Gambar 1. Halaman utama

Setelah itu akan tampil halaman pendaftaran seperti ini:

6 un
Gambar 2. Halaman pendaftaran

Komentar :
– Sebaiknya tidak perlu ada halaman pendaftaran seperti ini. Siswa yang ingin mencoba tinggal memasukkan nomor induknya saja dan password dikelola dan diberikan oleh sekolah.
РSaya tetap bisa mendaftar dengan e-mail dan data pribadi asal-asalan. Sebenarnya tidak ada masalah kalau niatnya biar semua orang bisa mencoba, tapi saya khawatir situs tersebut malah down karena terlalu banyak yang mengakses.
– Untuk tahun berikutnya, sebaiknya pengelolaan akun diserahkan kepada sekolah sesuai saran yang pertama agar tidak terjadi hal seperti pada saran ke-dua.

Setelah mendaftar, inilah tampilan halaman setelah login

4 un
Gambar 3. Selamat datang

Komentar :
– Di formulir pendaftaran sudah saya isi SMA, tapi ketika mau try out kenapa muncul pilihan SMP/SMA ?

Saya coba pilih salah satu mata pelajaran. Ternyata session kita dicatat. Perhatikan gambar :

3 un
Gambar 4. Cookie
2 un
Gambar 5. Contoh soal bahasa Inggris

Jika sudah yakin dengan jawabannya, klik ikon disket untuk menyimpan jawaban. Jika belum yakin, bisa melihat soal yang lainnya. Masalahnya, kalau tab-nya ditutup lalu masuk lagi, kita harus mengerjakan soal dari awal lagi. Tipe soal yang muncul juga berbeda. Hal yang sama juga muncul ketika kita kembali ke halaman sebelumnya.

Komentar :
РSebaiknya ditambahkan script yang meminta konfirmasi ketika pengguna mengklik tombol close, back, atau pindah halaman.
– Diberikan semacam tutorial agar pengguna mengerti fungsi tombol berbentuk disket yang berada di bawah. Kalau ada pengguna yang belum paham lalu waktunya habis, dia akan dianggap belum mengerjakan satu soal pun. Selain itu, belum tentu semua orang mengerti apa itu disket….

Dibalik semua kelemahan-kelemahan pada situs try out, saya mengapresiasi Kemdikbud yang telah bekerja keras mewujudkan situs try out ujian nasional ini. Sehingga para siswa memiliki alternatif latihan soal selain dari pihak sekolah dan pemerintah provinsi. Semoga situs ini juga dapat membuka jalan menuju ujian nasional online. Kemudian, jika ujian nasional online dapat diwujudkan, semoga semua daerah dapat menganggarkan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk sekolah-sekolah sebagai antisipasi listrik yang tidak stabil.

 

 

Waaw… Keren sekali !

Komentarin dooong...

Your email address will not be published. Required fields are marked *